Kamu pengunjung ke:

Sabtu, 26 Januari 2013

Pengertian Internet dan Intranet



Internet
Internet  berasal dari kata Interconnected networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (Jaringan Komputer Global) dengan melalui jalur telemunikasi seperti telepon,radio link,satelit,dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP.TCP/IP bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar sedangkan IP yang transmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.      TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute transisi data,memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan ,mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet,biasanya anda harus berlangganan ke salah satu ISP yang ada di kota anda.ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet atau penyedia layanan internet.Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet instan da telkom speedy.
Dengan memanfaatkan inernet , pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dari pemakai bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail menghubungkan ke komputer lain,mengirim dan menerima file,membahas topik tertentu pada newsgroup tertentu.

Intranet
Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yangmenggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasiaperusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs webinternal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringanharuslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokolInternet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server.Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP)umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar